BTS: Intensive Development Program di PT. Berlian Sistem Informasi

Ada gak sih representative perusahaan Mitsubishi di Indonesia? Apa sih kalau ada?

Well, disini gue akan cerita pengalaman gue dengan representative perusahaan Mitsubishi di Indonesia. Bermula dari sebuah panggilan telepon untuk Psychological test dan Interview posisi Intensive Development Program dari PT. Berlian Sistem Informasi.

aimg_9708

Secara kualifikasi, sebetulnya gue udah gak lolos administrasi untuk posisi Intensive Development Program. Karena syaratnya adalah harus lulusan Information Technologies. Tapi karena tergiur dengan tantangan, peluang karir yang oke dan sallary yang josss (detailnya gue ceritakan dibawah, izinkan gue terusin ini dulu yaa), alhasil dengan modal nekat dan kemampuan bahasa Inggris yang gue punya, serta tentunya doa yang kuat, Bismillaah gue coba apply (tentunya gue juga punya trick, supaya kita yang gak lolos secara administrasi tetep dilirik HRD).

Josss, lamaran gue tembus ke hati HRD. Ditelpon lah gue untuk datang Psikotes dan Interview di PT. Berlian Sistem Informasi, KTB ANNEX Building lantai 4, Pulomas. Tapi gue gak bisa dateng kala itu, HRD nelpon gue dadakan, interview besoknya hari Sabtu pagi, dan gue udah ada acara ke Tasikmalaya yang gak bisa gue tinggal. Dengan penuh harap, gue minta untuk di reschedule, dan HRD menjawab; “Oke kalau begitu masuk ke periode berikutnya”, tuturnya sebelum mengakhiri sambungan telepon.

Seketika gue agak menyesal menolak undangan tersebut. Apalagi dengan jawaban mbak HRD yang bilang “..ke periode berikutnya” bikin gue gamang mau gantung diri dan berspekulasi apakah maksudnya periode pembukaan berikutnya pada tahun depan? 😦 Gilak men, perusahaan Jepang itu, representative Mitsubishi Company di Indonesia, termasuk untuk Asia Tenggara. Di Asia Tenggara hanya ada dua, Indonesia dan Philipina. Jadi, peluang karir dan pergi keluar negeri sangat terbuka lebar. Namun, apa boleh buat. Keputusan udah gue ambil. Gue meyakini, Allah is the best plan maker ever. Allah pasti punya rencana lain yang jauh lebih baik dari rencana kita. Kalau rejeki ndak akan kemana. Walau saat di Tasik pun gue masih beberapa kali kepikiran dan agak menyesal hahaa :’)

Tapi ya memang udah rejeki anak sholeh *plakk dilempar sepatu, seminggu kemudian kala petang menjelang, tepat di hari yang sama cuma beda tanggal, gue dapet telepon dari HRD PT. Berlian Sistem Informasi untuk undangan Psikotes dan Interview besoknya. Dengan sigap gue bilang siap, bersedia *ala-ala militer hahaa. Secara gue nggak mau mengecewakan Tuhan atas kesempatan kedua yang dipercayakan ke gue.

Di waktu yang terbatas, gue tetep melakukan research baik itu tentang profile company PT. Berlian Sistem Informasi ataupun Mitsubishi Company. Ini penting banget men! Ibarat mau perang, ini amunisinya. Gak mungkin kan lo mau perang tapi cuma modal nekat doank bawa senapan dengan peluru yang terbatas. Dan keesokannya gue cau jam 06.30  pagi dari rumah gue di Kota Tangerang ke kantor PT. BSI di Pulomas, Jakarta Timur.

aimg_9710

Diluar ekspektasi, ternyata perjalanan cuma 40 menit, dan gue sampek sangat awal disana dari jadwal pertemuan, yakni pukul 09.00. Sesampainya disana, gue nggak sendiri, satu per satu pelamar lain datang. Total jumlah kita 9 orang. Aseli mereka keren-keren bro! Ada yang dateng dari Sumatra Utara, lulusan USU Medan. Karena memang program ini terbuka untuk seluruh Indonesia dan hanya untuk fresh graduate.

Dari lobby, dibawa lah kita naik ke sebuah ruangan di lantai 4. Edannn! Menyusuri lorong demi lorong, ruang kerjanya oke banget bro. Ada pantry dan musholanya juga. Sampeklah gue diruangan meeting, berhadapan dengan 2 HRD. Seperti biasa, tetiba gue menjadi mules dan mendadak mual. Gak mau keliatan panik, gue mencoba tetap bersikap tenang dan cool.

Mas Aditya, satu dari HRD tersebut menjelaskan ke gue tentang seluk beluk Mitsubishi dan PT. BSI. Banyak banget hal yang baru yang gue dapet. Ternyata Mitsubishi gak cuma soal otomotif bro! Banyak banget anak perusahaan Mitsubishi di Indonesia, seperti Alfa group, Lawson dan banyak lainnya. Dan PT. BSI merupakan representatif Mitsubishi company di Indonesia.

Oiyaa untuk sukses diterima pada posisi Intensive Development Program ini ada beberapa rangkaian seleksi yang harus dilalui.

  1. Seleksi Administrasi
  2. Psychological test
  3. Interview dengan HRD
  4. Focus Group Discussion
  5. Interview dengan HRD dan Psychological test lanjutan
  6. Interview dengan BOD (Board of Directors), 2 orang Warga Negara Jepang dan 1 orang Indonesia.

Karena ini adalah representative perusahaan Jepang, jadi English skill is a must bro! Psikoktestnya lebih ke itung-itungan, makananya orang eksak banget deh! Dan ada juga psikotes kepribadian. Kemudian interview menggunakan bahasa Inggris. Yupp, karena si orang Jepang gak paham bahasa Indonesia. Tapi santai, pelaksanaan test nggak langsung semua dilaksanakan dalam 1 hari. Ada beberapa test yang dilaksanakan di hari terpisah. Jadi masih ada waktu buat kita improve kemampuan bahasa Inggris, terutama conversation.

Nah sekarang bicara sallary. Setelah lolos interview dengan BOD, kita menjalankan masa training 6 bulan dengan gaji yang worth it banget menurut gue. Gimana nggak worth it men, kita dapet diatas UMR dan ditambah lagi dengan tunjangan kesehatan, meals, parking, reimburse, dan juga ada fasilitas gym. Cocok banget buat kita yang pengen perut tetep nggak lebih maju dari dada hahaa. Setelah masa training 6 bulan itu, kita akan diangkat menjadi karyawan tetap dengan ikatan kerja 3 tahun. Nah, pada saat permanen inilah bonus-bonus mulai muncul hahaa, bonusnya 3x lipat dari gaji. Ini yang juga menarik menurut gue, kenaikan bonus di angka 3x lipat dari gaji. Oiyaa gue lupa kasih tau yaa, saat menjadi karyawan tetap gajipun naik hampir 2x lipat dari gaji yang kita terima saat masa training 😀 Sebagai bentuk komitmen, jika dalam masa ikatan kerja, kemudian kita mengundurkan diri maka kita akan kena penalty. Penalty nya ini lumayan banget, sebesar harga mobil idaman gue 😡 Ya, tapi gue rasa lo pasti bakal betah deh hahaa lingkungan kerjanya enak, tempat kerjanya nyaman, orang-orangnya juga ramah dan friendly banget.

Intensive Development Program ini dibuka setiap tahunnya oleh PT. BSI, dan tahun ini adalah program yang ke-13. Mas Aditya selaku HRD bilang, pendaftar batch 13 mencapai 800 peserta dan yang diterima hanya 10 orang. Apakah kamu tertarik bergabung dengan PT. Berlian Sistem Informasi dalam Insentive Development Program?? 🙂

Iklan

3 respons untuk ‘BTS: Intensive Development Program di PT. Berlian Sistem Informasi

  1. Mas sudah diterimakah di PT. Berlian Sistem Informasi? Saya besok dpt panggilan interview jam 8 tp saya bingung mau brgkt atau tidak karena saya di Tegal dan tiket kereta sudah habis semua, dan program studi saya juga tidak ada kaitannya sama sekali di perusahaan IT ini, lalu bagaimana ya mas? Mohon pencerahannya

    Suka

    • Semua keputusan ada di kamu kok. Semua tergantung keyakinan kamu, seberapa yakin kamu. Jika kamu yakin dan niat baik, InsyaAllāh Semestakung. Wong jurusanku juga ndak ada hubungannya hahaa. Namun jika kamu di IDP, kamu akan dilatih dan nantinya ditempatkan diposisi yg memang sesuai dgn kamu. Jika memang utk tiket km cek sudah habis, km bisa lgsg konfirmasi by phone utk minta persetujuan reschedule. Gudlak ya

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s